Benarkah Sering Melahirkan Membuat Gigi Cepat Ompong ?


Kalau selama ini berlaku pepatah "banyak anak banyak rezeki", maka penelitian terbaru justru mengatakan banyak anak gigi ibu lebih cepat ompong.

Dalam sebuah riset yang dilakukan tim peneliti dari Universitas New York dan Yale University, ditemukan bahwa perempuan yang melahirkan banyak anak cenderung lebih banyak kehilangan giginya. Hal tersebut berlaku untuk semua perempuan dari berbagai kelas sosial. Untuk kepentingan studi tersebut, peneliti menguji data 2.635 perempuan di AS berusia 18-64 tahun yang mewakili tiga kelas sosial, yakni kelas atas, menengah, dan kelas bawah.

Pada kelompok kelas atas, wanita yang tidak memiliki anak hanya kehilangan satu gigi, sementara yang punya dua anak giginya ompong dua. Sedangkan yang memiliki anak lebih dari empat giginya yang ompong mencapai lima buah. Sementara itu, pada kelompok masyarakat kelas bawah, wanita yang tak memiliki anak rata-rata kehilangan dua giginya. Ibu yang memiliki satu anak kehilangan tiga gigi, dan mereka yang beranak empat atau lebih kehilangan gigi lebih dari enam buah.

Hal yang sama juga berlaku pada wanita dari kelas menengah. "Sepertinya punya banyak anak terkait dengan jumlah gigi yang tersisa," kata Profesor Dr Stefanie Russell, seperti dikutip the American Journal of Public Health.

Mengapa hal tersebut terjadi? Seperti dijelaskan oleh Russell, para wanita lebih mudah terkena radang gusi saat hamil. Radang gusi terjadi karena munculnya bakteri di antara gigi dan gusi sehingga menyebabkan peradangan dan gusi berdarah. Bila tidak ditangani, kondisi ini bisa mengakibatkan penyakit gusi yang parah dan gigi tanggal.

Selain itu, biasanya wanita hamil jarang datang ke dokter gigi karena takut terkena paparan sinar x yang sering dipakai untuk pemeriksaan gigi. "Wanita dengan banyak anak juga jarang ke dokter gigi mungkin karena kurang uang," kata Russell.Source

Tidak ada komentar: